Welcome

WELCOME TO MY BLOG
"Jadilah diri sendiri apa adanya"

Kamis, 22 November 2012

Hubungan Masyarakat desa dan Masyarakat kota


Seperti yang kita ketahui Masyarakat kota dan Masyarakat desa mempunyai hubungan yang sangat penting bagi keduanya (mutualisme). Walaupun mereka mempunyai sifat yang berbeda mereka saling membutuhkan satu sama lain dan tidak mungkin salah satu dari mereka bisa memenuhi semua kebutuhannya tanpa bantuan yang lain.
Ciri-ciri Masyarakat kota dan Masyarakat Desa:
·        Masyarakat Kota
o   Pemikiran modern
o   Pendidikan tinggi
o   Mengerti dan update tengtang tekhnologi
o   Individualis
o   Pendapatan
·        Masyarakat Desa
o   Menjaga tradisi
o   Gagap tekhnologi
o   Pendidikan rendah
o   Pemikiran cenderung kolot
o   Solidaritas tinggi
 Masyarakat kota bergantung kepada masyarakat desa untuk memenuhi kebutuhannya seperti: sayur-mayur, buah-buahan, beras, dan bahan pangan lainnya yang tidak diproduksi di perkotaan. Selain itu masyarakat kota juga membutuhkan pekerja-pekerja berat (buruh) dari desa misalnya untuk mebangun rumah membutuhkan banyak pekerja berat yang sebagian besar berasal dari masyarakat desa.
Dan sebaliknya Masyarakat desa pun bergantung kepada Masyarakat kota. Masyarakat desa membutuhkan pakaian, barang-barang elektronik, alat-alat pertanian, obat-obatan dan lain-lain yang hanya diproduksi di kota. Selain itu warga desa pun membutuhkan tenaga kerja di bidang kesehatan, mekanik ,ahli-ahli yang mengerti tentang tanaman maupun hewan untuk memberi sosialisasi kepada para petani dan peternak, dan lain-lain.
Dengan demikian kita sebagai warga kota tidak boleh mengucilkan warga desa. Kita harus bisa bersikap toleransi dan menghargai semua orang baik dia tinggal di kota maupun didesa. Sebenarnya kita semua sama hanya tempat tinggal saja yang berbeda. Dan kita pun harus bisa mengambil sifat-sifat/ciri-ciri yang positif dari masyarakat desa maupun masyarakat kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar