Welcome

WELCOME TO MY BLOG
"Jadilah diri sendiri apa adanya"

Sabtu, 22 September 2018

TATA CARA PERPANJANGAN SIM A / MOBIL & SIM B / MOTOR DI KABUPATEN BOGOR

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya saat mengurus Perpanjangan SIM di Kab. Bogor tahun 2018. Sebelumnya saya tinggal di Citeureup, dan kebetulan SIM saya akan habis pada bulan 03-Oktober-2018, dan kebetulan hari ini 22 September 2018 saya libur jadi saya menjadwalkan untuk melakukan perpanjangan SIM A di Polres Bogor. Saya berangkat dari rumah pukul 07.00 Wib dan tiba disana pukul 07.15 Wib. (Saran saja jika anda ingin ke Polres jangan datang lebih dari jam 9 karena pengumpulan berkas sudah ditutup, lebih baik datang lebih awal agar proses perpanjangan SIM bisa lebih cepat)

Untuk kalian yang berdomisili di Kab. Bogor untuk mengurus Perpanjangan SIM kalian bisa mendatangi Polres Bogor (Maps) / Mobil SIM Keliling jika anda menemui didaerah sekitar anda. dan FYI (For Your Information) kalo perpanjangan di Mobil SIM keliling kalian bisa melakukannya di seluruh Indonesia karena sistem yang digunakan sudah Online. 

Persyaratan yang harus kalian siapkan ialah:

  1. SIM ASLI A/B/C/D anda yang sudah akan habis
  2. Fotocopy SIM yang akan kalian perpanjang
  3. Fotocopy KTP anda / surat rekaman e-ktp jika anda belum mendapatkan KTP.
  4. Surat Kesehatan yang sudah berkerja sama dengan Kepolisian (disarankan cek kesehatan di lokasi polres, karena yang ditakuti surat kesehatan kita tidak diterima)
  5. Map sesuai SIM yang akan diperpanjang (anda dapat membeli map di sekitar polres agar tidak terjadi kesalahan warna).
  • Fotocopy KTP & SIM => Pergi ke Polres Bogor
Tahapan pertama yang perlu kita lakukan adalah Fotocopy SIM & KTP agar tidak mengantri di polres (karena biasanya tempat fotocopy di polres ramai). Jika kalian sdh mempersiapkan, kalian tinggal berangkat menuju Polres jika anda tidak mengetahui lokasi Polres Bogor dimana anda bisa melihat di (Maps). Dan FYI jika anda membawa kendaraan bermotor roda 2/roda 4 anda tidak diizinkan untuk masuk ke dalam wilayah Polres Bogor, anda harus memarkirkan kendaraan anda di Gedung Kesenian & Olahraga yang ada disebelah Polres.
  • Membuat Surat Kesehatan
Setelah anda tiba di Polres anda bisa langsung menuju Klinik yg ada dipolres Posisinya ada di Belakang Dekat Masjid, dengan biaya Rp. 30.000,00 (cek tekanan darah, tb&bb, dan tes buta warna).
Saran dari saya Siapkan Uang Pas (karena suka tidak ada kembalian)
  • Membeli MAP, Pulpen & Persiapan Dokumen
Setelah kalian cek kesahatan, kalian bisa langsung membeli map di depan tempat klinik kesehatan, jika perlu kalian beli pulpen juga agar saat mengisi formulir nanti anda tidak perlu antri dan serahkan dokumen anda agar dibantu disusun oleh penjaga tokonya (Sim Asli, FC KTP, FC SIM, Surat Kesehatan). Biaya Rp. 5.000,00 (Map + Pulpen)

  • Mengikuti  Asuransi (Optional)
Jika anda ingin mengikuti asuransi di sebelah toko fc disediakan, tapi itu optional karena tidak diwajibkan oleh pihak kepolisian, untuk harganya saya juga kurang tau karena saya tidak mengambil asuransi tsb saya langsung menuju loket perpanjangan sim.
  • Mendaftar di Loket Perpanjangan SIM
Loket Pendaftaran Perpanjangan SIM

Setelah anda mendapatkan seluruh berkas, anda bisa langsung mendatangi Loket Perpanjangan SIM, dan Jangan lupa didepan MAP anda tuliskan NAMA + NAMA KECAMATAN agar nanti mudah saat anda dipanggil. jika anda sudah sampai disana anda bisa langung meletakkan map di loket tsb biasanya sudah ada tumpukan map (pertanda untuk nanti anda akan dipanggil).
Antrian pada pukul 08.30

##Saran : Mohon di cek kembali kelengkapan data anda sebelum meletakkan di tempat antrian, agar berkas anda tidak dikembalikan kembali.
  • Pembayaran dan Pengisian Formulir
Biaya yang perlu anda bayarkan

Setelah berkas anda diterima, nama anda akan dipanggil untuk melakukan pembayaran dan mengisi formulir yang diberikan. Untuk biaya anda dapat melihat dari gambar diatas. dan untuk formulirnya nanti disana disediakan contoh pengisiannya.

Setelah anda mengisi formulir anda diperkenankan untuk mengembalikan formulir tersebut ke tempat anda mendapatkan formulir tadi. Jika sudah selesai maka anda harus menunggu kembali untuk Foto.
  • Foto 
Tahapan terakhir yang perlu anda lakukan ialah menunggu untuk antrian foto. Biasanya akan dipanggil 10-15 orang untuk foto. Bersamaan dengan foto anda akan diminta untuk koreksi data jika ada yang berubah.

Dan setelah anda selesai foto anda diperkenankan untuk menunggu kembali untuk mengambil hasil cetakan SIM anda. dan Jika SIM sdh anda terima maka proses telah selesai, jangan lupa untuk mengecek SIM Baru anda ditakutkan ada kesalah data atau tertukar dengan milik orang lain.

Review saya dari perpanjangan sim di Kab. Bogor ini membutuhkan waktu 2 Jam saja, saya tiba Pukul 07.15 dan selesai pukul 09.30. Dengan Biaya / Tarif: Surat Kesehatan + FC + MAP = Rp. 35.000,00 dan Perpanjangan SIM A Rp.80.000,00, Totalnya untuk perpanjangan SIM A = Rp.115.000,00-


Untuk anda yang akan melakukan perpanjangan SIM anda bisa mengikuti tahapan-tahapan diatas agar anda tidak kebingungan saat tiba disana.

Semoga Bermanfaat

1 komentar: