Welcome

WELCOME TO MY BLOG
"Jadilah diri sendiri apa adanya"

Sabtu, 09 Maret 2013

Hubungan IBD (Ilmu Budaya Dasar) dengan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Disini kita akan membahas tentang IBD (Ilmu Budaya Dasar) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). IBD adalah suatu ilmu pengetahuan yang menjeleskan hubungan antara manusia dengan kebudayaan. Belakangan ini semakin banyak generasi muda yang mulai melupakan kebudayaan sendiri banyak diantara mereka yang lebih memilih budaya barat sebagai kacamata kebudayaanya dibandingkan dengan kebudayaan lokal. Padahal seperti yang kita ketahui kiblat kebudayaan kita berbeda dengan kebudayaan barat. Hal itulah yang menyebabkan pelajaran IBD diajarkan lagi di Perguruan Tinggi.
Tujuan dari IBD itu sendiri ialah :
  • Kita sebagai mahasiswa tidak melupakan kebudayaan, serta dapat menyeleksi kebudayaan kebudayaan yang baru masuk ke lingkungan kita apakah itu baik atau buruk yang disebabkan oleh efek globalisasi
  • Agar manusia dalam menjalani hidup harus berpatokan kepada budaya yang ada dilingkungan sekitarnya
  • Sebagai generasi penerus kita pun harus ikut andil untuk melestarikan kebudayaan agar generasi penerus kita nanti tidak mengikuti kebudayaan-kebudayaan dari luar yang negative
Sedangkan IPS adalah ilmu yang menjelaskan tentang hubungan antara manusia dengan lingkungan sosialnya. Dalam IPS terkandung materi-materi seperti : Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dll. Dimana manusia itu sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Dalam IPS membahas tentang Interaksi,Komunikasi,dll antar individu atau kelompok.

Jadi kesimpulannya setelah penjabaran tentang IBD dan IPS diatas ada persamaan dan perbedaan antara IBD dan IPS. Persamaan IBD dan IPS keduanya berkaitan dengan masalah-masalah yang ada hubungannya dengan manusia. Sedangkan perbedaan antara IBD dengan IPS, IBD lebih condong kepada hubungan antara manusia dengan kebudayaannya sedangkan IPS lebih kepada hubungan Manusia dengan lingkungan sosialnya (Interaksi sosial).

Tulisan diatas berdasarkan atas pelajaran yang didapat sejak SMA serta analisa dan kesimpulan dari diri saya sendiri.


4 komentar: