Welcome

WELCOME TO MY BLOG
"Jadilah diri sendiri apa adanya"

Selasa, 03 Mei 2016

KRITERIA MANAJER PROYEK YANG BAIK

Manajer Proyek (Project Manager (PM)) merupakan posisi pertama yang harus ada pada sebuah tim proyek. Seorang Manajer Proyek yang menentukan apakah sebuah proyek dapat dikerjakan atau tidak. Seorang manajer Proyek harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, memiliki pengetahuan tentang manajemen proyek kemampuan berorganisasi dan keahlian teknik. Adapun kriteria-kriteria yang harus dimiliki seorang manajer proyek, adalah sebagai berikut:


  • Menginsipirasi Visi Bersama
Seorang Manajer Proyek harus memiliki visi ke mana harus pergi untuk mengartikan visi tersebut. Pemimpin yang visioner dapat memungkinkan seseorang untuk merasa bahwa mereka memilik kepentingan yang nyata, serta pemimpin yang seperti itu dapat memberikan visi dan semangat untuk berubah kepada bawahannya.
  • Pembicara Yang Baik
Seorang Manajer Proyek harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di semua tingkatan (dengan atasan maupun bawahan). Pemimpin harus memiliki kemampuan untuk secara efektif bernegosiasi dan menggunakan persuasi bila diperlukan untuk memastikan keberhasilan tim dan project yang dikerjakan.

  • Kepemimpinan
Salah satu hal yang paling penting pada seorang pemimpin proyek ialah tindakannya bukan kata-kata untuk mengatur modus operandi untuk tim.

  • Antusiasme
Seorang bawahan ingin memiliki pemimpin dengan antusias, dengan sikap bisa melakukan.

  • Empati
Seorang manajer proyek harus memiliki empati kepada bawahannya, karena seorang manajer proyek harus mengakui bahwa kita semua memiliki kehidupan di luar pekerjaan.

  • Kompetensi
Sebagai manajer proyek harus memiliki kemampuan untuk memimpin orang lain bukan pada keahlian teknis.

  • Kemampuan untuk Mendelegasikan Tugas
Seorang manajer proyek harus dapat melakukan tindakat seperti memeriksa dan mengontrol pekerjaan, dan seberapa banyak anda mendelegasikan tugas seseorang untuk berpartisipasi.

  • Tenang di Bawah Tekanan
Seorang Manajer Proyek harus bisa bekerja walaupun sedang berada di bawah tekanan, dan bisa bersikap tenang menghadapi masalah yang sedang dihadapi.

  • Membangun Keterampilan tim
Manajer proyek merupakan seseorang yang kuat dalam memberikan substansi yang memegang tim bersama-sama dalam tujuan umum terhadap tujuan yang tepat.

  • Memiliki Keterampilan dalam Memecahkan Masalah
Seorang Manajer Proyek harus memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi oleh tim.


Demikianlah kriteria-kriteria yang harus dimiliki oleh Seorang Manajer Proyek dalam memimpin sebuah tim demi tercapainya visi atau tujuan tim. #SemogaBermanfaat

Referensi:
www.projectsmart.co.uk/top-10-qualities-project-manager.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar