Welcome

WELCOME TO MY BLOG
"Jadilah diri sendiri apa adanya"

Minggu, 20 Januari 2013

Kondisi kehidupan umat beragama dan tanggapan tentang SekteX (Aliran sesat)



Agama adalah tuntunan hidup yang kita terima sebagai sebuah kepastian hidup. Setiap manusia bebas memilih agama yang mereka yakini. DiIndonesia ada 5 negara yang diakui oleh pemerintah yaitu: Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu. Masing-masing warga Negara wajib memilih salah satu dari kelima agama tersebut. Kerukunan adalah istilah yang dipenuhi oleh muatan makna “baik” dan “damai”. Intinya, hidup bersama dalam masyarakat dengan “kesatuan hati” dan “bersepakat” untuk tidak menciptakan perselisihan dan pertengkaran (Depdikbud, 1985:850).Ajaran Islam menganjurkan manusia untuk bekerja sama dan tolong menolong (ta’awun) dengan sesama manusia dalam hal kebaikan. Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan umat Islam dapat berhubungan dengan siapa saja tanpa batasan ras, bangsa, dan agama. Seseorang yang memiliki agama didalam hidupnya akan merasakan ke nyamanan dan ketentraman serta merasakan cinta kasih dan mempunyai tujuan hidup.
Kondisi umat beragama saat ini sangatlah harmonis. Masing-masing pemeluk agama sangat menghargai jika ada agama lain yang sedang melaksanakan ibadah. Misalnya : Jika umat hindu melaksanakan ibadah Nyepi maka agama lain yang menjaga kemanan begitupun dengan kebalikannya jika ada salah satu agama yang melaksanakan ibadah maka agama lain yang menjaga keamanan dan ketenangannya. Selain itu sesama umat beragama harus saling toleransi dan memberikan waktu jika salah seseorang meminta waktu untuk melakukan ibadah.
Disisi lain ada anggota masyarakat yang termasuk golongan Sekte X (aliran sesat). Sebenarnya sekelompok sekte x itu bisa diartikan kedalam suatu hal yang positif dan negatif. Sekte x itu bila diartikan positif wajar saja karena selera seseorang berbeda-beda dan mungkin mereka nyaman dengan hal tersebut. Jika diartikan dalam hal negatif sekelompok sektex satu sama lain saling menjelek-jelekan satu sama lain hal itu. Yang lebih disayangkan lagi anggota-anggota sekte x yang melakukan tindakan tidak terpuji seperti: bom bunuh diri hal itu akan merugikan orang banyak dan akan menimbulkan presepsi negatif bagi agama yang dianutnya padahal sekte x sudah menyimpang dari ajaran agama semestinya.
Jadi intinya kita harus benar memilih agama yang sesuai dengan kepercayaan kita. Dan jangan sampai kita termasuk ke golongan Sekte X. Dan kita wajib menjaga kerukunan antar agama agar terciptanya sosialisasi yang harmonis, adanya cinta kasih, mempunyai moral, dan yang paling penting masing-masing individu mempunyai tujuan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar