Welcome

WELCOME TO MY BLOG
"Jadilah diri sendiri apa adanya"

Minggu, 20 Januari 2013

Manfaat IPTEK dalam mengatasi kemiskinan dan efek tekhnologi bagi masyarakat yang belum siap mental


Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK) belakangan ini menjadi issue yang sangat panas di dunia Internasional. Semua Negara berbondong-bondong menciptakan IPTEK untuk mempermudah pekerjaan sampai memajukan negaranya. Semua masyarakat didunia setiap harinya pasti menggunakan IPTEK mulai dari hal yang terkecil misalnya menelpon sampai dalam hal pekerjaan yang membutuhkan ketelitian yang tinggi. Disini saya akan membahas tentang “manfaat iptek dalam mengatasi kemiskinan dan efek tekhnologi bagi masyarakat yang belum siap mental”.
             IPTEK digunakan untuk mempermudah pekerjaan, menghemat waktu dan biaya, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di seluruh dunia.  Akhir-akhir ini pemerintah pun gencar-gencarnya memberikan penyuluhan IPTEK kepada seluruh masyarakat mulai dari perpustakaan keliling sampai mobil internet keliling ke desa-desa yang semua itu bertujuan untuk memperbaiki taraf hidup generasi muda dikedepannya agar para generasi muda tidak tertinggal dengan perkembangan zaman yang semakin cepat ini sehingga menyebabkan pola piker mereka berkembang untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak.
Namun disamping itu perkembangan IPTEK pun memunculkan spekulasi negatif bagi masyarakat yang belum siap mental. Misalnya saja: Internet yang sudah bisa diakses dimana saja dimanfaatkan negatif oleh para masyarakat yang belum siap mental untuk membuka situs-situs yang merusak norma bahkan banyak diantara orang yang mengerti tentang IT menyalahgunakan perkembangan IT untuk menjadi Hacker yang dapat merugikan orang lain. Selain hal itu aspek negatif pun muncul dari perkembangan IPTEK berkurangnya lapangan pekerjaan yang menyebabkan makin meluasnya kemiskinan serta ketergantungan masyarakat akan perkembangan tekhnologi. Di samping itu perkembangan IPTEK dapat merusak kehidupan pribadi pencandunya seperti ANTISOCIAL BEHAVIOR yaitu suatu sifat dimana seseorang berubah diri menjadi tertutup kepada siapapun bahkan akan mengurangi kehidupan bersosialnya kepada sesama manusia yang lama kelamaan seseorang tersebut akan menjadi Individualis.
Seharusnya untuk mengatasi kemiskinan dengan IPTEK langkah pertama yang harus dilakukan adalah merubah pola pikir semua individu untuk dapat menerima IPTEK dengan pikiran yang positif sehingga perkembangan itupun disejajarkan dengan perilaku individu yang ikut serta memajukan tekhnologi yang lama kelamaan akan menutupi efek negatif dari perkembangan IPTEK itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar