Welcome

WELCOME TO MY BLOG
"Jadilah diri sendiri apa adanya"

Kamis, 28 November 2013

Perkembangan Bus Tingkat di Indonesia

     Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas sedikit tentang perkembangan bus tingkat di Indonesia. Bus tingkat pertama kali masuk keindonesia sekitar tahun 1990-an tapatnya di Ibukota DKI Jakarta. Berikut adalah salah satu dokumentasi foto bus tingkat pada era tersebut :
Gambar Bus tingkat era 1990-an
     Namun setelah era 2000-an populasi bus tingkat di Ibukota semakin berkurang seiiring perkembangan zaman. Bahkan saat ini populasi bus tingkat di ibukota sudah tidak ada hanya bangkai-bangkai bus yg masih tersisa yang hanya terpajang begitu saja.
Belum lama ini di tahun 2010-an pemerintah solo meluncurkan bust tingkat dengan nama werkudoro yang diperuntukkan untuk trans solo. Bus ini dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk menikmati keindahan kota solo. Selain itu bus ini bisa memuat banyak wisatawan karena terdiri dari 2 deck (Double Deck).
Gambar Bus Tingkat era 2010-an
     Setelah itu pekan ini dunia perbisan Indonesia dikejutkan oleh kemunculan bus Double Deck oleh Karoseri Nusantara Gemilang yang dimiliki oleh PO. Nusantara. Berikut ini tampilan dari bus tersebut.
Bus ini menggunakan Chassis MAN R37 yang dibalut oleh Body garapan anak bangsa Karoseri Nusantara Gemilang yang berpusat di Kudus, Jawa Tengah. Bus ini memakai triple axle untuk roda penggeraknya lain dengan bus bus lain yang menggunakan double axle saja.


Gambar Bus Double Deck 2013
     Selain itu Bus tingkat ini bisa menjadi salah satu alternative di Ibukota Jakarta untuk mengurangi kemacetan yang sudah parah. Karena bus ini bisa mengangkut banyak penumpang dibandingkan bus-bus biasa. Yang harus diperhatikan ialah kenyamanan penumpang agar banyak masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi ini agar meninggalkan kendaraan pribadinya. Demikianlah paparan tentang bus tingkat yang bisa saya berikan.

Referensi :
Google

www.Nu3tara.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar