Welcome

WELCOME TO MY BLOG
"Jadilah diri sendiri apa adanya"

Kamis, 28 November 2013

Tugas Teori Organisasi Umum 1 (Softskill)

Tulisan ini guna memenuhi Tugas Teori Organisasi Umum 1 (Softskill). Dalam tulisan ini terdapat 3 permasalahan yang akan dibahas, sebagai berikut :
  • Apa Perbedaan pengaruh kekuasaan & wewenang ?
Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh kepada orang lain, kemampuan yang dimaksud ialah kemampuan untuk merubah sikap atau tingkah laku individu maupun kelompok. Sedangkan Wewenang ialah hak untuk memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapainya suatu tujuan. Kekuasaan tidak sama dengan wewenang, wewenang tanpa kekuasaan ataupun sebaliknya kekuasaan tanpa wewenang akan menyebabkan konflik dalam suatu organisasi.

  • Sebutkan dan Jelaskan Teknik-teknik pengambilan keputusan ?
Tekhnik pengambilan keputusan dibagi menjadi 3 yaitu :
1. Teknik Kreatif
    A. Brainstorming
         Metode ini merupakan suatu teknik yang berusaha untuk menggali dan mendapatkan kreatifitas maksimum dari kelompok dengan memberikan kesempatan kepada para anggota untuk melontarkan ide-idenya. Teknik ini biasanya digunakan oleh guru untuk mengajar didalam kelas.
   B. Synectics
                Teknik ini didasarkan pada asumsi bahwa proses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan, dimaksudkan untuk meningkatkan hasil (output) kreatif individual dan kelompok.

2. Teknik Partisipatif : Dalam teknik ini individu-individu dan kelompok dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan.

3. Teknik Modern
    A. Teknik Delphi
Teknik ini memodifikasi dari teknik brainwriting dan survei. Dalam teknik ini panel digunakan dalam pergerakan komunikasi melalui beberapa kuisioner yang tertuang dalam tulisan. Dalam metode Delphi, sekelompok ahli terpilih membentuk panel yang akan menghasilkan jawaban konsensus terhadap pertanyaan yang diajukan mereka.
   B. Teknik Kelompok Nominal
Teknik Kelompok Nominal adalah salah satu teknik peran serta dalam pengambilan keputusan yang lebih jarang dipakai dibandingkan dengan teknik sumbang saran. Teknik ini mengharuskan anggota kelompok menuliskan ide atau gagasan secara perseorangan kemudian melaporkannya kepada kelompok.
  • Apakah unsur-unsur dalam komunikasi ?
  1. Sumber (Pengirim pesan): Semua peristiwa dalam komunikasi pasti melibatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi. Sumber bisa terdiri dari satu individu maupun kelompok.
  2. Pesan : Pesan merupakan suatu yang disampaikan pengirim kepada penerima berupa informasi, ilmu pengetahuan, dll.
  3. Media : Media merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara sumber kepada penerima. Saat ini semakin banyak media yang dapat digunakan dalam mencari informasi dari sumber-sumber misalnya saja media cetak dan elektronik yang semakin berkembang pesat.
  4. Penerima merupakan pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. 
  5. Pengaruh atau efek merupakan perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan.
  6. Tanggapan balik merupakan suatu pengaruh yang berasal dari penerima kepada pesan yang diterima.
  7. Lingkungan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi komunikasi.
         Pada Intinya unsur-unsur yang terpenting untuk menjalin komunikasi ialah : Sumber (Komunikator), Penerima Pesan (Komunikan), serta pesan yang disampaikan.

Demikianlah Pendapat saya mengenai 3 soal diatas untuk memenuhi tugas softskill yang diberikan oleh Ibu Dosen Elvia Fardiana.

Referensi :
Setioko, Aji. Pengambilan keputusan dalam perilaku organisasi. Universitas Negeri Semarang, 2010.
arjaenim.blogspot.com/2012/11/unsur-unsur-komunikasi-dan-prinsip.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar