Welcome

WELCOME TO MY BLOG
"Jadilah diri sendiri apa adanya"

Kamis, 16 Juni 2016

ANALISIS DAN PENGUJIAN APLIKASI INFORMASI KESEHATAN UNTUK ANAK BERBASIS ANDROID

ANALISIS DAN PENGUJIAN APLIKASI INFORMASI KESEHATAN UNTUK ANAK BERBASIS ANDROID


Dosen: FARIDA, SKom, MMSI.
Anggota Kelompok:
Anggie Lindio
Henry Yudhana
Nur Susilo Agung Prabowo
Reza Alfian

Kelas: 4KA01
JURUSAN SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016




Aplikasi Informasi Kesehatan untuk Anak (IKA) merupakan aplikasi multimedia berbasis Android yang dibuat menggunakan Adobe Flash Professional CS6. Aplikasi ini dibuat dengan sasaran pengguna adalah anak-anak usia 6-12 Tahun, tetapi anak dibawah 6 tahun juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan bimbingan oleh para orang tua agar informasi yang terdapat di dalamnya dapat diterima oleh anak. Aplikasi ini dilengkapi dengan interface yang menarik dan perpaduan gambar, suara, dan video yang dapat membantu pengguna dalam memahami informasi di dalamnya.
Gambar 1. Gambaran Aplikasi Informasi Kesehatan Anak



Aplikasi ini memberikan informasi berupa Kesehatan Panca Indera, Makanan dan Minuman Sehat, dan cara-cara untuk mencegah penyakit.
Gambar 2. Tampilan Menu Aplikasi IKA

    Analisis ini bertujuan untuk mencari kekurangan dan kelebihan aplikasi IKA, serta memperbaiki desain pada aplikasi IKA. Perlunya melakukan analisis terhadap aplikasi ini adalah agar aplikasi ini dapat berkembang lagi kedepannya dan tidak terdapat error atau bug lagi saat digunakan oleh pengguna nantinya, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini dan penggunapun dapat memahami informasi yang tersedia didalamnya. 

    Setelah melakukan analisis terhadap aplikasi, didapatkan hasil sebagai berikut:

1.  Kelebihan Aplikasi
  • Struktur dari aplikasi yang sangat sederhana, sehingga mempermudah pengguna untuk menggunakan aplikasi ini, terutama pengguna yang masih anak-anak.
  • Aplikasi ini menggunakan Bahasa Indonesia sehingga mempermudah user dalam menggunakannya.
  • Aplikasi ini memiliki tampilan interface (antarmuka) yang cukup menarik, apalagi untuk digunakan oleh anak-anak usia 6-12 tahun, dimana aplikasi ini memberikan perpaduan warna yang menarik untuk menarik minat anak dalam menggunakan aplikasi ini.
  • Aplikasi ini memiliki tampilan informasi yang menarik dengan perpaduan gambar dan suara yang mempermudah pengguna dalam memahami informasi yang diberikan.
  • Informasi yang diberikan pada aplikasi ini cukup sederhana, sehingga memudahkan pengguna (anak-anak atau orang tua yang ingin mengajarkan anaknya) dalam memahami informasi tentang kesehatan dasar pada aplikasi ini.
  • Untuk pengguna anak-anak usia 6-12 tahun (yang sudah bisa membaca) aplikasi ini sudah dapat mereka gunakan sendiri, namun tetap perlu bimbingan orang tua dalam menggunakan aplikasi ini agar orang tua bisa memberikan informasi lebih kepada anaknya.
  • Fungsi tombol dan menu pada aplikasi ini telah sesuai dengan fungsi yang telah dirancang dan diharapkan.


2.  Kekurangan Aplikasi
  • Kesalahan pada penulisan menu judul makanan & minuman sehat, karena ada ketidak sesuaian judul dengan informasi di dalamnya
  • Diperlukan penambahan informasi yang lebih detail agar informasi yang disampaikan mudah diterima oleh pengguna yang kebanyakan adalah anak-anak.
  • Tidak adanya tombol back pada menu utama untuk kembali ke halaman awal (splash screen).
  • Penggunaan tombol back pada device menyebabkan aplikasi tertutup namun perjalanan aplikasi belum berhenti dikarenakan suara aplikasi yang terus menyala.
  • Tidak adanya petunjuk penggunaan aplikasi sebagai arahan untuk pengguna.
  • Pada halaman informasi inti dari salah satu panca indera, makanan, maupun mencegah penyakit masih terdapat kekurangan informasi gambar seperti halnya pada informasi kacang-kacangan hanya menampilkan satu jenis kacang saja.
  • Penggunaan suara pada aplikasi tidak mengulang (looping) sehingga untuk waktu yang lama dapat menimbulkan kejenuhan pada anak-anak.
  • Belum adanya suara untuk narasi tentang informasi kesehatan pada aplikasi ini, suara hanya tersedia untuk menjelaskan dasar dari informasi yang berupa gambar.
  • Pada halaman Informasi utama dari panca indera, makanan, maupun mencegah penyakit tidak memiliki sebuah tombol untuk melanjutkan ke daftar informasi selanjutnya melainkan harus kembali ke sub menu terlebih dahulu.
  • Aplikasi Belum Responsif untuk device dengan ukuran layar yang lebar seperti tablet.

       3.  Perbaikan Desain  Aplikasi
  • Perbaikan Halaman Awal



Gambar 3. Desain Prototype Halaman Awal


Gambar 4. Desain Prototype Halaman Menu Utama

Gambar 5. Desain Prototype Halaman Isi Konten


  • Perbaikan Desain Interface
Gambar 6. Tampilan Halaman Awal Aplikasi


Gambar 7. Tampilan Halaman Isi Konten


Demikianlah analisis dan perbaikan desain yang telah kami lakukan terhadap aplikasi IKA (Informasi Kesehatan Anak). Diharapkan kedepannya Aplikasi ini dapat lebih berkembang lagi dan dapat digunakan langsung oleh semua masyarakat khususnya anak-anak agar mereka dapat selalu menjaga kesehatan, dan Semoga ada pihak yang berkaitan seperti: Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan agar dapat membantu mensosialisasikan aplikasi ini ke masyarakat luas.

TERIMA KASIH...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar