Welcome

WELCOME TO MY BLOG
"Jadilah diri sendiri apa adanya"

Minggu, 10 April 2016

Keuntungan dan Keterbatasan Penggunaan Software Open Source dalam Membuat Aplikasi

Open Source merupakan suatu istilah yang digunakan untuk software (perangkat lunak) yang membuka atau membebaskan source codenya dapat dilihat oleh pengguna dan pengguna dapat melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya dapat memperbaiki atau mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik lagi, selain itu aplikasi ini pun dapat digunakan secara gratis oleh para penggunanya. Open Source mempunyai sifat bebas digunakan, dipelajari, dimodifikasi, dan bebas disebarluaskan. 

Mengapa kita dianjurkan menggunakan software open source dalam membuat aplikasi? yang pertama ialah legalitas karena dengan software open source memungkinkan kita untuk tidak lagi menggunakan aplikasi milik orang lain secara tidak sah atau dengan kata lain kita tidak perlu membajak atau menjadi pencuri. Yang kedua ialah menghemat biaya, mungkin bagi banyak pelajar software open source ini sangat cocok untuk digunakan karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli suatu produk aplikasi, Dan yang terakhir software open source lebih mudah dipelajari dan dikembangkan dari pada software berbayar yang penggunaanya agak rumit.

Untuk alasan pengunaan software open source telah dijabarkan pada paragraf di atas, selanjutnya kita akan membahas tentang keuntungan dan keterbatasan dalam penggunaan software open source:

  • Keuntungan Software Open Source
  1. Kreativitas: Dengan open source kita bisa mempelajari cara kerja suatu software, memodifikasi, bahkan membuat produk baru.
  2. Kemandirian: Kita tidak perlu lagi tergantung pada suatu produk tertentu.
  3. Penghematan Biaya: Kita tidak memerlukan biaya untuk membeli suatu aplikasi.
  4. Legalitas: Open Source memungkinkan kita untuk tidak lagi menggunakan aplikasi milik orang lain secara tidak sah atau dengan kata lain kita tidak perlu membajak atau mencuri.

  • Keterbatasan Software Open Source
  1. Kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) yang dapat memanfaatkan software open source dalam membuat suatu aplikasi.
  2. Tidak adanya perlindungan atau proteksi terhadap HaKI
  3. Tidak adanya garansi dari pengembangan
  4. Kesulitan dalam mengetahui suatu project
  5. Keamanan pada aplikasi yang dibuat masih lemah, sehingga para pembuat aplikasi dengan software open source harus memperhatikan masalah keamanan pada aplikasi yang dibuat.
Demikianlah yang dapat saya review dari penggunaan Software Open Source dalam Membuat Aplikasi, Dapat diambil Kesimpulan dalam penggunaan Software Open Source dalam Membuat Aplikasi memiliki banyak manfaat khususnya bagi para pelajar, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pembuat aplikasi menggunakan software open source.

#Semoga Artikel ini bisa bermanfaat bagi kawan semua
#Mari dukung penggunaan Software Open Source

Sumber:
  • Surwaningsih Wiwin, Nuryani, "Dampak Knowledge Perkembangan Open Source dan Free Software", 2006, Pusat Penelitian Informatika, LIPI Bandung. 
  • http://uzi-online.blogspot.com/2013/04/kelebihan-kekurangan-software-open-source.html
  • http://cyberkomputer.com/komputer/pengenalan-dan-manfaat-menggunakan-open-source/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar